Jasa kontraktor bangunan SOHO


Sebelum lebih jauh kita membahas mengenai SOHO (Small Office Home Office), ada baiknya kita mengenal latar belakang munculnya konsep SOHO. Saat ini banyak pengembang mulai memasarkan apartemen dengan konsep SOHO. Di sisi lain banyak masyarakat yang belum mengerti benar apa fungsi SOHO sebenarnya.
Selain SOHO yang merupakan singkatan Small Office Home Office, kata SOHO berasal dari kawasan SOuth of HOuston di New York, Amerika Serikat yang disingkat SOHO. Disana banyak penduduk yang menggunakan rumahnya untuk bekerja. Penamaan ini kemudian semakin dikenal sebagai sebuah konsep hunian yang digabungkan dengan kantor.
Bila kita melihat perkembangan properti di Indonesia, sebenarnya konsep SOHO bukanlah hal baru. Di Indonesia, konsep SOHO tidak jauh berbeda dengan konsep ruko (rumah toko) atau rukan (rumah kantor). Melihat konsep SOHO yang lebih dikategorikan sebagai properti komersial seharusnya memang lebih mengarah ke perkantoran dan bukan hunian, mengingat ijin ruko dan rukan pun mempunyai ijin sebagai bangunan komersial dan bukan hunian.
Konsep SOHO tidak selalu harus dibangun sebagai high-rise building. Banyak juga masyarakat yang menggunakan rumahnya sebagai tempat bekerja bahkan kantornya. Banyak masyarakat yang menggunakan garasi untuk ruang kerja yang tentunya untuk menghemat biaya sewa kantor. Meskipun demikian hal ini tentunya melanggar peruntukan yang ada karena seharusnya rumah tinggal tidak boleh beralih fungsi menjadi kantor.
Dengan masih barunya konsep SOHO yang diterapkan di gedung-gedung yang ada di Indonesia, masih menyisakan beberapa hal yang terkadang dilupakan oleh manajemen gedung terkait dengan keamanan dan jaminan keselamatan yang ada. Karena dengan difungsikan sebagai kantor, artinya dimungkinkan adanya beberapa karyawan dan klien yang hilir mudik dalam area SOHO.

SOHO Sebagai Kebutuhan
SOHO menjawab kebutuhan untuk para profesional yang terbiasa bekerja di rumah dan tidak perlu ke kantor untuk bekerja. Dengan berkembang pesatnya teknologi internet, maka mereka dapat melakukan semuanya di rumah dengan bantuan alat telekomunikasi, email, atau tele-conference. Hal ini juga menjawab macetnya lalu lintas untuk hanya sekedar meeting dengan klien. Bahkan mungkin waktu untuk sampai ke tempat meeting lebih lama dibandingkan meeting itu sendiri.
Kebutuhan akan SOHO pun sebenarnya lebih pada biaya operasional yang ada. Sama juga seperti berkantor di ruko atau rukan yang tidak mengenal adanya over-time bila kita mau bekerja lembur. Berbeda bila kita berkantor di gedung perkantoran yang juga harus membayar service charge.
Celah Pasar SOHO
Perkembangan SOHO di Indonesia saat ini memang lebih dikenal sebagai sebuah transformasi konsep dari apartemen ke perkantoran yang dibangun sebagai high-rise building. Banyak juga yang menggunakan unit SOHO sebagai virtual office yang merupakan simbol domisili sebuah kantor. Dengan keterbatasan space yang ada, banyak unit-unit SOHO yang mulai didesain dengan konsep loft 2 lantai atau unit satu lantai dengan ceiling yang tinggi dengan lantai mezanine di tengahnya.
Pamor SOHO saat ini berkembang sebagai sebuah perkembangan modern dan bergengsi dibandingkan dengan konsep lama ruko atau rukan. Konsep ini dikenal luas di Singapura mengingat disana orang asing yang ingin mendirikan kantor relatif sulit. Banyak entrepreneur muda yang menyiasatinya dengan konsep SOHO. Benar adanya, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, konsep SOHO ini akan semakin diminati para entrepreneur dan pekerja profesional.
Pasar SOHO diperkirakan lebih mengarah kepada pengusaha dan profesional muda yang baru memulai usaha dimana mereka akan mengefisiensikan ruang unitnya sebagai hunian juga. Dalam perkembangan pasar yang ada, konsep ini masih harus diuji di pasar Indonesia, mengingat saat ini belum terbentuk secara jelas minat pasar yang ada. Celah pasar SOHO tidak akan menggeser pasar ruko atau rukan yang lebih ‘kuno’, karena diperkirakan masing-masing jenis properti tersebut relatif mempunyai pasar yang berbeda.
Tips Membeli SOHO
Tentunya perlu beberapa pertimbangan sebelum anda membeli SOHO :
1.     Perlu disadari bahwa SOHO bukanlah murni hunian.
2.     Sebagai SOHO harusnya menerapkan standar layaknya perkantoran dengan sistem internet, wi-fi, dan jaringan komunikasi bahkan fasilitas meeting room sebagai fasilitas dari gedung.

3.    Tentukan standar luas ruang yang dibutuhkan, karena bila lebih dari 100 m2 akan lebih efisien di ruko atau rukan dibandingkan SOHO.

4.     Pilihlah lantai yang sesuai dengan profesi Anda. Bila profesi sebagai dokter maka pemilihan unit tidaklah harus di lantai atas dengan view yang bagus. Karena akses akan cepat sampai bila lantai tidak terlalu tinggi.

5.     Pastikan kapasitas lift dan jaminan keselamatan yang ada karena dengan komunitas yang ada tidak hanya 1 orang per unit melainkan bisa 3 – 5 orang per unit yang membuat arus lalu lintas lebih tinggi dibandingkan apartemen biasa.


6.     Pastikan kapasitas parkir, karena akan berbeda kapasitas parkir untuk apartemen dan untuk SOHO yang memiliki lot parkir lebih banyak.

Bagi anda yang mau bangun sendiri bangunan Soho anda bisa bekerjasama 
dengan kami silahkan anda menghubungi:

Raidkonstruksi
  Ruko Pasirjambu Center No 11  Jl. Raya Soreang – Ciwidey Km 28
Bandung Jawa Barat 40973 raidkonstruksi@gmail.com 
Call : 087823836544   Wa : 085624731464   BBM  : d76acf0f
Share on Google Plus

Pesan admin

“Orang yang paling pintar adalah orang yang berbuat baik, tetapi takut akan adzab Allah. Yang paling bodoh ialah yang berbuat kejahatan (kesalahan), tetapi mereka (merasa) aman dari adzab Allah, dan yang paling kaya dari mereka adalah orang yang paling qana’ah (selalu merasa cukup dengan pemberian Allah, baik sedikit maupun banyak)." Sedangkan orang yang paling perkasa adalah orang yang (paling) takwa.